Membangun-Bisnis-Startup-dengan-Goals-Unicorn

Membangun Bisnis Startup dengan Goals Unicorn

            Beberapa waktu belakangan ditahun 2019 ini kata kunci Unicorn sempat menjadi perbincangan netizen bahkan tak jarang menjadi topik yang hangat meskipun asing didengar oleh masyarakat awam. Tentu hal tersebut tidak terlepas dari pembahasan yang terjadi pada debat Pilpres beberapa waktu lalu.

Namun sebenarnya, apa itu unicorn? Unicorn adalah sebutan untuk startup yang telah mencapai valuasi (nilai jual)  di atas US$ 1 miliar atau sekitar Rp 13.5 triliun. Mengapa disebut unicorn? Karena startup yang telah mencapai US$ 1 miliar berarti telah mencapai target atau cita-cita hampir semua entrepreneur. Tapi sebelum berangkat ke kata kunci Unicorn yang lagi hits, ada baiknya para entrepreneur muda mengetahui terlebih dahulu jiwa dari Unicorn tersebut yakni  bisnis Start-up. Mengingat semua unicorn yang ada di Indonesiapun bukan tiba-tiba ada melainkan merintis dari startup. Seperti Unicorn yang kita kenal di Indonesia; Go-Jek, Traveloka, Tokopedia dan Bukalapak muncul dari kreativitas anak bangsa dalam menekuni bisnis startup yang tentunya bukan tanpa tantangan dan kerja keras.

Jika dimaknai secara singkat sebetulnya startup itu sendiri merupakan bisnis rintisan, ya memang agak kurang populer jika melihat arti singkatnya. Namun jangan khawatir memang sesimple itu sebenarnya makna dari start-up hanya saja maknanya kini menjadi lebih special karena startup kini notabene menjadi rowmodel para pebisnis kalangan milenial.ini karena startup dimaknai sebagai suatu bisnis rintisan yang berbasis teknologi online dan sarana digital sebagai tumpuan utamanya. Turunan dari startup inilah yang nantinya menjadi bentuk bisnis yang dikenal sebagai aplikasi E-commerce, Transportasi Online, Fintech dan lainnya. Laju perkembangan bisnis startup di Indonesia secara angka dapat dikatakan fantantis, latarbelakang yang sangat mempengaruhinya arus perkembangan teknologi, informasi dan layanan digital yang sangat pesat.

Perpaduan antara kebutuhan menusia yang semakin meningkat dengan skill problem solving yang dimiliki milenial sebanarnya menjadi titik tumpu bisa berkembangnya bisnis startup. Namun sebelum melangkah lebih jauh menjadi sosok unicorn inilah komponen yang dibutuhkan para launcer startup agar bisa mencapai goals nya :

  1. Solusi dan Masalah
  2. Hal yang paling diutamakan dalam bisnis startup ada bentuk penyelesaian masalah dengan solusi terbaik termudah dan efektif. Membuat solusi yang kita temukan menjadi suatu kebutuhan merupakan kunci dalam langkah  awal keberlangsungan bisnis startup agar bisa diterima di masyarakat.

  3. Pengetahuan  Mengenai Pasar
  4. Dinamisnya kondisi pasar yang membuat kalangan pebisnis muda terkejut terkadang menjadi tantangan tersendiri yang harus ditaklukan. Cara terbaik menelusuri pasar itu sendiri adalah data dan pengtahuan yang real kita dapatkan langsung dari konsumen yang dituju melalui uji sampling dan teknik marketing yang jitu.

  5. Investor
  6. Sesuai dengan namanya startup bisa diibaratkan abak muda yang tentunya butuh asupan nutrisi agak dapat berkembang pesat. Peran investor disinilah tidak bisa dipungkiri dapat membuat kreatifitas untuk mengolah ide tersebut terealisasi bahkan berkembang, karena secara tidak langsung tekanan untuk mengelola suntikan modal tersebut dapat menjadi cambukan yang paling ampuh memacu kreatifitas dan rasa tanggung jawab.

  7. Relasi Kuat
  8. Seperti layaknya manusia sebagai makhluk social startup kamu juga butuh loh hubungan pertemanan agak bisa berkembang. Ya, terkadang factor inilah yang malah jadi menentukan dan pembeda, karena seperti yang telah diketahui dalam dunia bisnis mungkin pertemanan terbaik dapat tercipta karena memiliki goals yang sama yaitu keuntungan dan akses untuk menuju global dapat tercipta hanya dengan hubungan baik dan saling percaya.

  9. Legalitas  dan Brand
  10. Ya, yang terakhir tapi tidak dapat lepas dari bisnis startup adalah Legalitas dan brand dari startup itu sendiri. Untuk meraih kepercayaan investor, membangun relasi sesama rekan bisins dan pemerintah, membangun karakter produk agar dikena,l melindungi karya yang kita ciptakan agar tidak dijiplak bahkan disalahgunakan, maka dapat dipastika Legalitas dan Brand menjadi titik tumpu dari startup yang tidak bisa dilupakan.